Jamnas Pemersatu Bangsa - AGUNG POST NEWS

13 Juli 2011

Jamnas Pemersatu Bangsa

Susilo Bambang  Yudhoyono
Perhelatan Jambore Nasional (Jamnas) IX Pramuka Tahun 2011 di Bumi Perkemahan Danau Teluk Gelam Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) 2-9 Juli 2011, dibuka secara resmi oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang juga selaku Ketua Majelis Pembimbing Nasional Gerakan Pramuka sekaligus Pembina Upacara, Sabtu (2/7) lalu.
Upacara pembukaan Jamnas IX 2011 yang dihadiri ribuan peserta dari seluruh tanah air dan beberapa negara Asean seperti Malaysia dan Singapura tersebut digelar tepat pukul 15.30 wib setelah rombongan Presiden SBY beserta Ibu Hj Ani Yudhoyono tiba dilokasi upacara beberapa saat sebelumnya.
Kegiatan Jamnas 2011 ini diharapkan dapat menjadi pemersatu, penambah wawasan serta pemahaman antara satu dan lainnya. Kegiatan Jamnas IX 2011 ini juga diharapkan dapat menjadi pembangun terwujudnya Sumsel Gemilang, sejahtera dan terdepan, ujar SBY.

Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, dalam kesempatannya menyebutkan revitalisasi di bidang kepramukaan yang telah dilakukan lima tahun lalu setidaknya harus terus ditingkatkan dari waktu ke waktu sehingga kegiatan kepramukaan yang ada akan semakin bertambah semarak, baik ditingkat Kwartir Daerah dan Kwartir cabang diseleuruh Indonesia.
Bersamaan dengan itu, SBY juga menyatakan pembenahan gugus depan yang merupakan ujung tombak gerakan pramuka mesti terus diaktifkan guna menyelenggarakan pendidikan kepramukaan. Upaya untuk mengaktifkan kembali berbagai kegiatan kepramukaan sebagai aktualisasi diri para peserta didik tersebut juga harus dilakukan dengan pembehanan gugusdepan seperti memantabkan organisasi gugus depan melalui proses akreditasi dan meningkatkan kompetensi pembina melalui proses sertifikasi.
Dengan adanya upaya pembenahan tersebut, SBY berharap bidang pendidikan kepramukaan mampu menjadi pendorong tekad generasi muda untuk bersatu teguh menuju Indonesia Gemilang.  (sps/****)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda