Masyarakat Butuh Bukti - AGUNG POST NEWS

09 Juli 2011

Masyarakat Butuh Bukti

Masyarakat kini membutuhkan contoh yang baik dan karya nyata  atau bukti untuk bisa membangun dan bekerja memajukan kesejahteraan rakyat bukan sekedar janji perbaikan nasib yang ternyata tidak kunjung terwujudkan.
"Kami masyarakat mendambakan contoh dan suri tauladan yang baik. Masyarakat sudah lelah mendengarkan berbagai wacana dan janji-janji tentang perbaikan nasib dan kehidupan mereka yang tak kunjung terwujudkan,"  demikian komentar berbagai elemen masyarakat yang diwawancarai "Agung Post".
Melihat kondisi seperti itu seyogyanya, setiap pemimpin   mesti  memberi bukti melalui karya nyata, bukan janji melalui pernyataan. 
Pejabat ketika memperoleh amanah jabatan itu seyogyanya menjadi bagian dari solusi (part of the solution), bukan justru menjadi bagian dari masalah (part of the problem). 
Dengan prinsip "menjadi bagian dari solusi", maka  para pejabat apapun jabatannya dan di mananpun posisinya  harus berani tampil ke depan mengambil kepeloporan di tengah-tengah masyarakat dalam upaya menyelesaikan masalah rakyat, memenuhi kebutuhan rakyat, dan memberi kepastian adanya masa depan rakyat yang lebih baik.
Pejabat atau pemimpin juga harus mampu mendorong peningkatan kinerja pemerintahan dari tingkat atas hingga desa/kelurahan, meningkatkan kemampuan kelembagaan di tingkat desa/kelurahan dalam mengelola proses penyaluran aspirasi, musyawarah dalam pengambilan keputusan, serta memberdayakan masyarakat desa.
"Kondisi bangsa kita, masih banyak yang harus kita kerjakan untuk mencapai cita-cita proklamasi kemerdekaan. Harus kita akui, di usia Republik Indonesia yang sudah mencapai 66 tahun ini pembangunan belum merata, bahkan belum menyentuh sebagian masyarakat di pedesaan. Masih terlihat ada kesenjangan hidup masyarakat desa dan kota." katanya.
Bukan hanya itu, kesenjangan kehidupan dan kesejahteraan antara desa dan kota harus dihilangkan. Konsep pembangunan tersebut seyogianya formulasi terbaik yang menggabungkan pemanfaatan potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia di negara ini. Dengan demikian  SDA dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan SDM yang ada. (****)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda