Air Sugihan Juara Umum Lomba Qasidah Rebana Tingkat Kabupaten OKI - AGUNG POST NEWS

15 April 2017

Air Sugihan Juara Umum Lomba Qasidah Rebana Tingkat Kabupaten OKI

..Sang Juara Umum Kabupaten OKI Group Qasidah Rebana Air Sugihan..foto humas oki-"ap-news" 


DALAM upaya melestarikan alunan  musik bernapaskan islami, qasidah, di Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI). Belum lama ini Pemkab OKI dibawah komando Bupati H Iskandar SE,  telah menggelar lomba Qasidah Rebana yang diikuti oleh 18 Kecamatan dalam Kabupaten OKI, yang berlangsung Senin dan Selasa minggu pertama bulan lalu,  di Gedung Kesenian Kayuagung. Dari 18 kecamatan yang bertanding terdapat sedikitnya 25 grup yang ikut berkompetisi.Saat perhelatan tersebut berlangsung , Kecamatan Air Sugihan kelaur sebagai juara pertama untuk cabang Qasidah murni. Sedangkan yang sebagai juara cabang Qasidah modern adalah Kecamatan Lempuing Jaya.
Kepala Bagian Kesra, H Reswandi, sebagai Ketua Panitia Pelaksana kegiatan menerangkan, kegiatan tersebut merupakan agenda tetap Pemkab OKI yang digelar setiap tahunan. "Tujuannya untuk melestarikan salah satu jenis kesenian yang bernuansa islami ini. Selain itu untuk memperkokoh silaturrahmi serta menuju masyarakat islam yang Qur’ani," terangnya. Masih menurutnya, kegiatan tersebut juga dilaksanakan untuk menjaring bakat dan potensi yang ada di Kabupaten OKI. "Nantinya, para pemenang pada ajang ini akan kita proyeksikan untuk mengikuti lomba tingkat Provinsi," ujar Reswandi. Perlombaan ini terdiri dari dua jenis yaitu Qasidah Rebana Klasik dan Qasidah Rebana Modern. Klas modern menggunakan alat musik modern seperti keyboard, sedangkan yang klasik hanya menggunakan alat yang tradisional," jelasnya lagi.
Bupati OKI, H Iskandar SE melalui Asisten I Sekretatiat Daerah (Setda) Kabupaten OKI, Antonius Leonardo memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kegiatan itu. Menurutnya, kegiatan tersebut selain dapat mengenbangkan potensi yang ada di Kabupaten OKI, juga dapat memperkuat keimanan. "Qasidah ini musik yang islami, maka sangat baik dilestarikan karena dapat meningkatkan keimanan serta memperkokoh jalinan silaturahmi antar warga masyarakat," katanya saat membuka acara. Antonius Leonardo mengatakan, Pak Bupati OKI berharap melalui kegiatan ini kiranya dapat melahirkan kelompok-kelompok Qasidah Rebana yang berkwalitas. Sehingga, bisa berkompetisi diajang provinsi bahkan nasional, cetusnya.
Berikut daftar yang keluar sebagai juara tim Qasidah tingkat kabupaten OKI; Qasidah murni 3. Sp padang (almunawaroh) 2. Kecamatan Pedamaran 1. Kecamatan Air Sugihan. Qasidah Rebana Modern; 3. Pampangan 2. Pedamaran, 1. Lempuing jaya. Favorit Kecamatan Lempuing. Terheboh Kecamatan Jejawi TerPD
Pedamaran Timur. (adv humas/ap).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda