Ishak Mekki Sosialisasikan "Bonn Challenge" - AGUNG POST NEWS

08 April 2017

Ishak Mekki Sosialisasikan "Bonn Challenge"


Wagub Sumsel, H. Ishak Mekki dalam acara dialog interaktif di salah satu stasiun TV swasta di Palembang, belum lama ini.

  BERBAGAI upaya dilakukan oleh Pemerinah Provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan (Sumsel) untuk mensosialisasikan gerakan restorasi hutan dunia  dengan agenda Sumsel sebagai tuan rumah pertemuan internasional negara-negara Asia Pasific. Pertemuan yang bertajuk “Bonn Challenge Asia Pasific Regional” tersebut bakal berlangsung pada medio Mei 2017 mendatang.
Demikian diungkap Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, Ir. H. Ishak Mekki mengawali dialog interaktif di salah satu stasiun televisi swasta Palembang, beberapahari lalu. Salah satu uapaya sosialisasi terhadap kegiatan tersebut adalah dengan menyampaikan dan mengajak masyarakat  mengenal apa dan bagaimana serta seberapa pentingnya “Bonn Challenge” sebagai suatu gerakan dalam merestorasi hutan dunia yang telah mengalami degradasi dan deforestasi. “Seperti yang dilakukan melalui media tv ini,” kata Ishak.
Menurut Wagub yang dalam dialog tersebut didampingi Staf Khusus Gubernur Bidang Perubahan Iklim, Najib Asmani dan utusan dari negara Jerman yang juga pemimpin dari GIZ Bioc lime, Her Hans Bertold, bahwa pertemuan “Bonn Challenge” ini akan dihadiri peserta yang terdiri dari para menteri, direksi, gubernur dari negara-negara di Asia Pasific dan mitra “Bonn Challenge” seperti perusahaan dan organisasi internasional yang memiliki program berkelanjutan.
Ishak Mekki mengatakan, sebagai tuan rumah, tentunya perlu persiapan serius untuk menghadapi pertemuan internasional tersebut. “Ke depan agar dilakukan diskusi-diskusi yang terfokus pada kegiatan tersebut (focus group discussion) dan rapat teknis yang intensif antarlembaga terkait dan Pemerintah Provinsi Sumsel untuk membahas lebih detail persiapan Indonesia sebagai tuan rumah acara ini. Momen ini juga dapat dimanfaatkan sebagai kesempatan promosi kegiatan restorasi yang ada di Indonesia,” katanya.
Arti penting “Bonn Challenge” bagi Indonesia adalah menyatakan kembali komitmen mengurangi deforestasi dan restorasi ekosistem, sekaligus menyampaikan pencapaian restorasi terkini dalam kerangka struktur politik baru. Selain itu, untuk mempertimbangkan peran Indonesia dalam Perubahan Iklim dunia, tambah mantan Bupati OKI dua periode ini.
Dialog yang disiarkan secara live tersebut mendapat tanggapan dari masyarakat Kota Palembang dan sekitarnya. Terbukti dengan banyaknya pertanyaan yang disampaikan masyarakat melalui telepon interaktif yang selanjutnya dijawab secara berganntian oleh Wagub Ishak Mekki, Staf Khusus Gubernur, Najib Asmani dan utusan NGO Jerman, Her Hans Bertold.(her-"ap-news").

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda