Getah Naik, Rakyat Tambah Gagah Nyadap - AGUNG POST NEWS

19 Mei 2017

Getah Naik, Rakyat Tambah Gagah Nyadap

  
 


PARA petani karet di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir  (PALI) Sumatera Selatan, mulai tersenyum, pasalnya sejak dua pekan ini harga getah karet mulai merangkak naik, meskipun kenaikan harganya tidak terlalu signifikan. Namun, hal ini diyakini mampu membuat para petani kembali bersemangat. Salah seorang penderes mengatakan, harga getah yang mereka jual ke pengepul sekarang dihargai antara Rp7.000,- dan Rp 7.200,- per kilogram sesuai tingkat kandungan kadar air yang terdapat di dalam getah, sebelumnya hanya dihargai Rp.5.500,- sampai Rp.6.000,- perkilogramnya. "Dua pekan lalu untuk getah mingguan (istilah sekali jual red) hanya dihargai sekitar Rp 6.000,--an, bahkan ada yang dihargai Rp 5.500,- per kilogram. Alhamdulillah sekarang sudah naik walau hanya sedikit," Ujar Jumadil (37) salahsatu penderes getah karet ketika dibincangi AP-News dipasar tradisional Simpang Raja kelurahan handayani Mulya kecamatan talang Ubi, Kamis, (180517) kemarin. Dia mengaku senang dengan kenaikan harga getah karet ini, lantaran dalam kurun waktu hampir setahun terakhir harga getah terus mengalami penurunan. Bahkan akibatnya, banyak di antara penderes memilih beralih profesi untuk mencari pekerjaan lain untuk menutupi kebutuhan ekonomi keluarga. "Maka, walaupun naiknya masih sedikit, kami tetap bersyukur. Mudah-mudahan ini menjadi pertanda harga karet bakal kembali tinggi," harapnya. Sementara, salah seorang pengepul getah yang enggan disebutkan namanya mengaku, harga getah ditempat pelelangan cukup bervariasi sesuai tingkat rendahnya kandungan air getah yang akan dilelang. Untuk saat ini garfa ditingkat lelang antara Rp. 7,000,- sampai  Rp. 7,200,- per kilogram. Sedangkan harga ditingkat pabrik, dia menjualnya sekitar Rp 14.000 sampai Rp15.000 per kg. "Itu tingkat rotering (kadar air dan sampah) sudah nol," tukasnya.
Mengapa getah karet dari petani hanya dihargai demikian, diakuinya, karena karet yang dibelinya saat ini masih banyak terdapat kadar air yang tinggi dan bahkan sampah (kulit batang karet Red) bekas penyadapan ada yang dimasukkan ke dalam getah otomatis hal ini berpengaruh terhadap nilai jualnya nanti, belum lagi proses penyimpanan sebelum dibawa kepabrik. "Dari satu ton getah karet bisa menjadi 800 kg lagi berarti hampir mencapai 20 persen kader airnya," Jelasnya.(st/-“ap-news”).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda

1 comments

Mr Vegas does 1xbet not serve players may be} deemed underaged gained't} pay out wins to such players. New players at Mr Vegas are greeted with a one hundred pc deposit bonus a lot as} € 200 and 11 Free spins to spice up the beginning of the journey! Make sure to verify the Terms and Conditions for these bonuses to get more data.