Dari Halal Bihalal Ishak Mekki, Merajut Silaturahmi Menuai Dukungan - AGUNG POST NEWS

04 Juli 2017

Dari Halal Bihalal Ishak Mekki, Merajut Silaturahmi Menuai Dukungan


HALAL BIHALAL. Wagub Sumsel, H Ishak Mekki ketika memberi sambutan di acara halal bihalal bersama ribuan masyarakat dari berbagai komunitas, sabtu (010717).


BANYAK cara yang dilakukan oleh Wakil Gubernur (Wagub) Sumsel, H. Ishak Mekki dalam mempertahankan hubungan silaturahmi, baik sebagai pemerintah, keluarga maupun pribadinya terhadap sesama atau terhadap berbagai komunitas masyarakat lainnya. Di antaranya adalah dengan menggelar halal bihalal (saling bermaaf-maafan) di momen terbaik seperti selepas idul fitri 1438 H tahun ini.
Simak saja, pada Sabtu (010717) di kediamannya, Ishak Mekki menggelar acara halal bihalal dengan berbagai komunitas – kelompok – masyarakat yang jumlahnya ribuan orang. Komunitas tersebut terdiri dari para kader dan segenap pengurus partai yang dipimpinnya, Partai Demokrat Sumsel dengan berbagai tingkatannya, para pengurus Ikatan Alumni STM 1 (Pastemsapa), Ikatan Alumni
Unsri, Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI), Guguk Palembang, Kelompok Awan Biru, KOMPI, dan sebagainya. Mereka tak lain adalah kelompok masyarakat yang dengan sukarela menyatakan dukungannya kepada Ishak Mekki sebagai Calon Gubernur Sumsel.
Fenomena itu pula yang menjadikan keunikan tersendiri bagi acara yang digelar. Momentum yang semula hanya untuk berhalal bihalal, menjadi hingar bingar dengan testimoni spontan yang disampaikan oleh masing-masing perwakilan relawan yang isinya pernyataan dukungan kepada Ishak Mekki sebagai Calon Gubernur Sumsel.
Ribuan hadirin juga tak kalah seru. Mereka secara spontan mengamini dan menyatakan siap mendukung atas setiap pernyataan yang diberikan oleh para juru bicara relawan.
“Kami dari Persaudaraan Alumni STMN 1 Palembang (Pastemsapa) menyatakan dukungan penuh kepada Ketua Umum Pastemsapa, bapak Ir. H. Ishak Mekki, MM sebagai Gubernur Sumsel pada 2018 mendatang,” demikian testimoni Pastemsapa yang disampaikan juru bicaranya, Ir. Dian pada acara halal bihalal Wagub Ishak Mekki yang diadakan Sabtu (010717) di Palembang. Testimoni yang disampaikan oleh Dian tersebut disusul pernyataan dukungan yang sama dari masing-masing komunitas relawan lainnya seperti, relawan Awan Biru, Guguk Palembang, Kelompok Masyarakat Pendukung Ishak Mekki (KOMPI), IPSI dan lainnya melalui juru bicara masing-masing. Wagub Ishak yang mendengar langsung pernyataan sikap para relawan tersebut merasakan keharuannya. Oleh karenanya, tatkala dia memberikan sambutan di acara tersebut, sikap pertama
yang dia sampaikan adalah ungkapan rasa terima kasihnya kepada seluruh komunitas relawan, hadirin yang turut serta secara spontan menyatakan dukungan terhadapnya sebagai Calon Gubernur Sumsel 2018. “Saya memang telah bertekad maju pada Pilgub Sumsel 2018. Tentu saja doa dan dukungan yang diberikan oleh bapak-bapak, ibu-ibu dan semuanya agar saya terpilih menjadi Gubernur Sumsel, saya ucapkan terima kasih yang tak terhingga,” kata mantan Bupati OKI dua periode ini semangat. Ishak menuturkan, betapa besar keinginannya untuk meneruskan perjuangan Gubernur Alex
Noerdin yang telah dua periode menjabat. Menurutnya, jika aturan memungkinkan untuk Alex Noerdin dapat menjabat lebih dari dua periode sebagai gubernur, tentu dirinya tetap mendukung dan tetap ingin bersama Alex.
Namun karena aturan tidak memperbolehkan, maka dia bertekad ingin meneruskan kepemeimpinan Alex di masa depan. “Mana yang menjadi cita-cita pak Alex yang berlum terwujud, saya yang akan meneruskannya,” tegas Ishak disambut tepuk tangan hadirin.
Ishak menambahkan, selama mendampingi Alex Noerdin sebagai Gubernur Sumsel, dirinya telah banyak belajar dan telah memahami segala aspek yang ada di daerah ini. “Tentu saja, jika saya melanjutkan kepemimpinan pak Alex, tidak akan mengalami kesulitan,” imbuhnya.Terhadap ritus tahunan seperti halal bihalal yang diselenggarakan ini, bagi Ketua Partai Demokrat Sumsel ini sangat penting. “Acara ini – halal bihalal – penting kita laksanakan,” katanya. Sebab, inilah momentum terbaik untuk kita terus merajut ikatan tali silaturahmi antarsesama. “Kalau kita harus menyambangi satu persatu dari seluruh masyarkat maka keterbatasan waktu pasti merambui kita. Namun dengan gelar acara seperti ini, maka kita dapat menampung banyak masyarakat untuk bertemu dengan kita secara langsung,” kata penggagas pembangunan Jalan TOL Palindra dan Jalan TOL Palembang Kayuagung ini semangat. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut, dia dapat bertemu langsung dalam suatu moment, menyatakan rasa rindu, bersalam-salaman, saling memaafkan satu sama lain, bertukar gagasan, menampung aspirasi, dan sebagainya. “Dengan momentum halal bihalal ini, kita dapat pula sedikitnya
menguraipersoalan atau problem, meluruskan
yangkusut, menjernihkanyang keruh, dan melepaskan ikatan yang membelenggu
,” ungkap suami Hj. Tartila ini diplomatis. Dengan demikian, lanjutnya,adanya acara halalbihalal diharapkan hubungan yang selama ini keruh dan kusut dapat segera diurai dan dijernihkan. Halalbihalal bermakna untuk merekonstruksi relasi kemanusiaan yang lebih sejuk dan menentramkan. (her-“ape-news”).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda