Terkait Hepatitis A Dinkes Akan Sisir Kantin Sekolah - AGUNG POST NEWS

11 Desember 2019

Terkait Hepatitis A Dinkes Akan Sisir Kantin Sekolah


MEMPERHATIKAN adanya laporan Hepatitis A di RS Hermina. Pihak Dinkes Bekasi akan mengadakan penyuluhan di setiap kantin sekolah agar berprilaku hidup bersih.

"Kita ke kantin (sekolah) sama penyuluhan-penyuluhan perilaku hidup bersih dan sehat," Demikian Kepala Dinas Kesehatan Kota Bekasi Tanti Rohilawati, kepada pers, Rabu (11-12) k. 
Dan lanjutnya,  terkait hal kita menindak lanjuti adanya laporan di Rumah Sakit Hermina. Maka itu kita segera mengantisipasi agar  hepatitis A tidak menyebar di Bekasi, untik itu fasilitas kesehatan sudah kita siapkan, tutur, Tanti. 


Masih katanya, sebelumnya, wabah hepatitis A ditemukan di SMPN 20 Depok hingga menjadi sorotan dan ditetapkan 
sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB) oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Hingga Selasa (3-12) teridentifikasi sebanyak 262 kasus gejala hepatitis A,  namun 171 kasus langsung dilakukan tes positif IgM (Imunoglobulin M) dan IgG (Imunoglobulin G), cetus, Anung Sugihartono Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes RI, di Gedung Adyatma Kemenkes RI, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (4-12) lalu.

Dari data 262 kasus yang teridentifikasi, sebanyak 228 orang berasal dari lingkungan sekolah mayoritas diantara jumlah tersebut adalah siswa sekolah 31 orang, lima lainnya adalah warga sekitar berasal dari Pesantren Petik, tiga orang dari keluarga siswa. Namun, timbulnya insiden ini belum ada laporan meninggal dunia.(wir/cal/"ap-news")

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda