Cegah Corona Kades Pedu dan Warga Bangun Posko Jaga Covid-19 - AGUNG POST NEWS

19 April 2020

Cegah Corona Kades Pedu dan Warga Bangun Posko Jaga Covid-19

Sejumlah warga desa pedu membantu proses pembuatan posko jaga Covid-19.(foto/cal)

LETAK Desa Pedu, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI, sangat strategis dan rentan terhadap pandemi Covid19. Karena Desa Pedu ini selain berbatasan dengan kota Palembang Ibukotanya Provinsi Sumsel, juga berbatasan dengan desa Kabupaten Banyuasin selain itu berada di pinggir Jalan Tol Kayuagung - Palembang. 

Maka itu, kita tidak boleh main-main apalagi menganggap remeh penanganan Covid-19 yang ganas dan dapat mematikan itu, tegas Kades Pedu,  H Idrien Panduinata kepada wartawan "ap-news" disela-sela pembuatan Posko Jaga Covid-19 di Perbatasan antar desa, Minggu sore, (19-04).

Masih katanya, dalam upaya pencegahan  dengan membangun Posko Jaga Covid-19, agar siapa saja yang akan masuk ke Desa Pedu,  wajib dilakukan pendataan biar perlu kita lakukan penyemprotan serta cuci tangan,  sampai dianggap steril.


"Yang kami periksa adalah pendatang baru yang akan melakukan aktivitas baik di dalam maupun diluar desa, agar mudah mendeteksi. Maka, letak posko tak jauh dari desa, selain itu untuk masyarakat di desa ini, kami edukasi dengan menerapkan pola hidup bersih serta tetap melakukan cuci tangan, baik sebelum maupun setelah memegang barang seperti sembako yang mereka beli atau bawa dari luar,” tegas Kades Pedu serius.

Dengan demikian, kita berharap dapat memutus mata rantai penyebaran Virus Corona atau Covid19  yang sama-sama kita ketahui menjadi permasalahan dunia.

Kades Pedu Haji Idrien juga menerangkan, beberapa hari yang lalu, pemerintah Desa Pedu sudah berupa menanggulangi penyebaran Virus Covid-19 dengan melakukan pembuatan masker yang dilakukan oleh ibu-ibu PKK Desa Pedu, Kecamatan Jejawi OKI.

"Allhamdulillah beberapa hari yang lalu komponen pemerintah desa dikoordinir Ketua PKK Desa beserta masyarakat membuat kerajinan tangan seperti, masker dan selanjutnya masker dibagikan kepada warga setempat.

Penyemprotan Cairan Disinfektan oleh Anggota Karang Taruna, Anggota BPD dibantu warga Desa Pedu, mulai dari Tempat Ibadah, Sekolah serta Kantor Kepala Desa

Diakhir perbincangannya Kades Pedu, Haji Idrien menghimbau, seluruh masyarakat Desa Pedu untuk mengikuti dan mentaati sistem protokol kesehatan yang dikeluarkan Pemerintah seperti, tidak melaksanakan kegiatan dengan melibatkan banyak orang.

“Untuk memutuskan mata rantai wabah Virus Corona sebaiknya warga ikuti himbauan Pemerintah, untuk menjaga keseimbangan tubuh dengan selalu berpikir positif agar kita semua terhindar dari wabah virus Corona Covid-19,″ Ujar Kades mengakhiri.(cal/"ap-news").

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda