AgungPost Buka Kursus Jurnalistik Praktis Angkatan Ke-I Tahun 2021 - AGUNG POST NEWS

21 Februari 2021

AgungPost Buka Kursus Jurnalistik Praktis Angkatan Ke-I Tahun 2021



Ogan Ilir, “ap-news.” Online.

SETIAP pekerjaan tergantung pada niat. Jika niatnya baik, insyaAllah akan jadi sebuah kebaikan, begitu juga sebaliknya kalau niatnya buruk. Maka, hasilnya bisa kurang baik. Demikian juga dengan profesi wartawan, baik atau buruknya tergantung pada individu wartawan itu sendiri kata, HM Syarifuddin Basrie SIKom, Pimpinan Umum SK Agung Post Group kepada peserta Kursus Jurnalistik Praktis Angkatan Pertama Tahun 2021, yang diselenggarakan oleh Menajemen Agung Post, Di Gedung Griya Media, Komplek Griya Cipta Utama, Indralaya Ogan Ilir. Sabtu, (20-02) siang.

Masih menurut Hmsabar, dari dulu memang pandangan miring sebagian  kalangan pada orang berprofesi wartawan sudah ada. Namun, sepanjang pekerjaan ini dilakukan dengan kaidah yang benar artinya secara profesional maka dengan sendirinya anggapan tersebut akan terbantahkan dengan produk-produk jurnalistik yang bertujuan mengedukasi dan menyampaikan informasi positif untuk  kepentingan banyak orang termasuk  pemerintah disemua lini dalam membangun bangsa negara ini. Maka, Pekerjaan wartawan disebut pekerjaan mulia.

Dan lanjut HM Syarifuddin menerangkan, untuk menjadi wartawan profesional tidak cukup hanya mengandalkan mampu menulis berita, namun dia juga harus memahami kode etik secara menyeluruh termasuk Undang-Undang Nomor.40 Tahun 1999 tentang pers. Artinya, dimulai dari meliput hingga merangkum berita harus sesuai standar tersebut.  Walaupun, tidak dipungkiri dalam kegiatan jurnalisnya, wartawan sebagai manusia biasa tidak akan luput dari kesalahan dan kekeliruan. Oleh sebab itu,  diperlukan pelatihan semacam ini agar bisa meminimalisir kesalahan tersebut, tutur Hmsabar.
Dan katanya menambahkan, diharap pada peserta pelatihan, untuk bersungguh
sungguh mengikuti dan memperhatikan setiap materi yang disampaikan mentor. Peserta kursus berjumlah 10 orang, yang sebagian besar pesertanya adalah calon wartawan baru dan beberapa wartawan pemula media online dari Palembang. Setiap peserta yang lulus diberikan sertifikat dan bagi belum berhasil diberikan kesempatan mengulang. 

Adapun materi kursus yaitu: 1.Mengenal Dunia Wartawan Apa Siapa Bagaimana Wartawan zaman now? Berdasarkan UUD Nmr40/'99 Dan KEJ. 2.Teknik Peliputan Dan Wawancara era digital. 3.Teknik Menulis Dan Merangkum Berita.
Adapun mentor kursus ini, adalah wartawan senior dan telah teruji ke profesionalannya. Menurut informasi dari panitia, pelatihan ini dilaksanakan enam kali pertemuan setiap hari Sabtu Pukul 13.00 hingga selesai. (van/”ap-news”)

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda