Aufa Yang Ditunjuk Jadi Plh Bupati OI? - AGUNG POST NEWS

18 Februari 2021

Aufa Yang Ditunjuk Jadi Plh Bupati OI?



Ogan Ilir, “ap-news.” Online.

PERTANYAAN tersebut mungkin muncul dibenak sebagian masyarakat Ogan
Ilir (OI), tentang alasan dipilihnya  Aufa Syahrizal SP MSc, sebagai
Pelaksana Harian (Plh) Bupati OI. Dan jawabannya terungkap dalam
Acara Purna Bhakti Bupati OI Periode 2016-2021, HM Ilyas Panji Alam SE
SH MM, yang digelar di Gedung Serba Guna Caram Seguguk KPT Tanjung
Senai, Indralaya  OI. Rabu, (17-02) siang.

Dikatakan Aufa dalam sambutannya usai diserahi mandat oleh HM Ilyas sebagai Plh Bupati OI di acara tersebut, bahwa  yang menunjuk dirinya sebagai  Plh Bupati OI adalah Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) H Herman Deru,  yang diterimanya  dua hari yang lalu. “Dan kabar tersebut cukup membuat kaget dirinya, maupun keluarga” katanya.

Terkait alasan penunjukkan dirinya sebagai Plh Bupati OI, seperti disampaikan Gubernur, seyogyanya yang ditunjuk untuk menduduki jabatan tersebut adalah Penjabat Sekda OI, Ir M Badrun Priyanto MT. Namun, karena beberapa pertimbangan, sehingga hal tersebut, batal dilakukan. Dan pertimbangan tersebut diantaranya karena posisi jabatan yang diduduki Badrun, sebagai  Penjabat  alias Pj  bukan pejabat depinitif. Selain itu, yang tidak kalah penting  jadi pertimbangan adalah masa tugasnya sebagai Pj Sekda  akan segera berakhir yang menurut informasi akan berakhir di 18 Februari, besok, ujarnya menambahkan.

Masih katanya, menurut  gubernur  Jabatan Sekda merupakan jabatan
strategis, maksudnya sebuah jabatan penting  untuk menjalankan roda
pemerintahan, dalam hal ini sama pentingnya dengan jabatan sebagai
Bupati. “Jadi, tidak mungkin, kata gubernur satu orang menduduki  dua jabatan penting walaupun hanya  Penjabat, Pj  ataupun sebagai Pelaksana harian, Plh, ” kata Aufa mengutip perkataan Herman Deru. Sebagai informasi, Aufa Syahrizal untuk kedua kalinya ditunjuk sebagai pejabat  Bupati Ogan Ilir. Yang pertama terjadi ketika Bupati Ilyas P Alam, cuti sementara karena ikut mencalonkan diri pada Pilkada 2020kemarin. 

Saat itu, Aufa ditunjuk sebagai Pejabat sementara alias Pjs, sedangkan untuk yang kedua ini Aufa sebagai Pelaksana harian atau Plh,terkait karena ditundanya pelantikan Bupati terpilih Pilkada 2020, Panca -Ardani, yang menurut informasi akan dilaksanakan di tanggal 26 Februari, nanti. Sebelumnya,  Aufa Syahrizal  adalah Kepala Dinas Kebudayaan dan
Pariwisata Pemprov Sumsel, selain pernah menjabat sebagai Ketua Harian
Rumah Sehat Covid-19 Jakabaring. (van/”ap-news”).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda