Dinaskentras Ogan Ilir Gelar Pelatihan Seleksi Pra Magang Untuk Ke Jepang - AGUNG POST NEWS

25 Agustus 2021

Dinaskentras Ogan Ilir Gelar Pelatihan Seleksi Pra Magang Untuk Ke Jepang

Ogan Ilir, "ap-news" Online
PELATIHAN pra magang bagi para calon tenaga kerja ke Negara Jepang ini dimaksudkan sebagai pembekalan agar mereka bisa lolos pada seleksi test tenaga kerja luar negeri yang akan dilaksanakan oleh Dinas Tenaga Kerja Provinsi Sumatera Selatan, nantinya. Demikian kata Kadinakentras Kabupaten Ogan Ilir (OI), Edy Demang Jaya SH MSi, kepada awak media disela kegiatan pelatihan tersebut di Gedung Caram Seguguk Komplek Pemda lama OI, Indralaya. Selasa, (24-08) siang. 


Dan lanjutnya, seperti diketahui untuk diterima sebagai pekerja dinegara tersebut, seorang calon pekerja selain harus memilikii skill atau keahlian, Ia juga harus mampu berbahasa Jepang, minimal tingkat dasar sebagai sarana komunikasi, disamping  syarat dan ketentuan lainnya juga harus terpenuhi, katanya.



Maka itu menurutnya, pasca pelaksanaan pelatihan pembekalan hari ini,  para  peserta sebagai calon tenaga kerja untuk mengikuti kursus mandiri bahasa Jepang untuk meningkatkan kompetensi diri agar nantinya bisa lulus seleksi, ujarnya.


Dikesempatan sama, Edy Demang juga mengatakan bahwa program ini  dilaksanakan dalam rangka  mengurangi angka pengangguran dan pengentasan kemiskinan  yang sejalan dengan Visi Misi Pemerintah Ogan Ilir Bangkit. Ia pun berharap agar nantinya peserta seleksi dari OI dapat diterima seluruhnya menjadi  tenaga kerja di Negeri Sakura tersebut, tandasnya.



Sementara menurut keterangan, Hermansyah ST MM, Kepala bidang Pelatihan dan Penempatan Dinakentras OI selaku pelaksana kegiatan menyatakan, secara keseluruhan pelatihan ini diikuti 63 orang peserta dari 129 orang calon peserta yang mendaftar diri ketika lowongan ini dibuka, terangnya.


Kemudian lanjutnya, pelaksanaan kegiatan pelatihan melibatkan pihak ketiga dari Lembaga Pelatihan Kerja (LPK) yang terdaftar di Dinakentras Pemprov, punya pengalaman membina  para calon tenaga kerja ke luar negeri dan  telah berhasil berulang kali mengirim para calon tenaga terutama ke Jepang, ungkapnya.



Dijelaskan Hermasyah, materi pelatihan pra magang untuk para peserta pelatihan diantaranya yaitu Pemahaman Matematika Dasar, Kesamaptaan dan Ketahanan Fisik, Sikap serta Tata cara wawancara dengan orang Jepang serta penguasaan Bahasa Jepang. 

Ketika disinggung penghasilan peserta seandainya lulus sebagai tenaga kerja di Jepang? Dijelaskan Hermansyah, bahwa mereka akan  menerima gaji Minimal 100 Yen, sekitar Rp. 13 Juta / Bulan, belum ditambah uang lembur   serta fasilitas Asuransi selama tinggal di sana, bebernya.



Tidak hanya sebatas itu, imbuh Hermansyah, para tenaga kerja disediakan Tiket Pesawat PP Indonesia - Jepang plus Modal Usaha sebesar 600.000 Yen (Rp.80 Juta) dan ditawarkan bila selesai nanti untuk bekerja pada perusahaan Jepang di Indonesia, pungkasnya. (van/"ap-news")

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda