Beruma Himpunan Historis Warga Tiga Meranjat Gelar Halal Bihalal "Dibanjiri" Ribuan Warga - AGUNG POST NEWS

14 April 2024

Beruma Himpunan Historis Warga Tiga Meranjat Gelar Halal Bihalal "Dibanjiri" Ribuan Warga

Ketua Beruma Saat Podcast, Belum Lama ini, (dok-ap)

Indralaya Selatan, "AP-News"Online

DALAM rangka menjalin  keakraban antar sesama warga asal serumpun Meranjat yang kini tinggal di tiga desa yaitu, desa Meranjat I, Meranjat II dan Meranjat Ilir,  mereka  berhimpun dalam wadah, Beroyot Urang Diri Meranjat disingkat Beruma. Sabtu, (13-04) kemarin warga Beruma mengadakan Halal bihalal, yang berlangsung meriah, di Lapangan Bola Pemiri Meranjat, Kecamatan Indralaya Selatan. Kita sengaja berhimpun dalam satu wadah yang dinamakan Beruma tujuannya agar silsilah satu rumpun terus dikenang. Karena kalau tidak diwadahi seiring keturunan ini terus berkembang maka perlu antisipasi agar sampai kapanpun akar sejarah ini tidak terputus. Demikian Ketua Beruma Periode tahun 2014-2029, Drs H Iklim Cahya MM, kepada "ap-news" usai giat Halal bihalal.

Lebih lanjut,  Iklim Cahya mengungkapkan, bahwa anggota dari Beruma ini merupakan penduduk dari tiga desa yang ada di Kecamatan Indralaya Selatan. Adapun tiga desa yang tergabung dalam Beruma, yaitu, warga Desa Meranjat 1, Desa Meranjat 2, dan Desa Meranjat Ilir. Sedangkan, untuk Desa Meranjat III secara historis bukan bagian dari urang diri. 
"Kalau secara historis hanya tiga desa yang masuk bagian dari urang diri, kalau untuk Desa Meranjat III sebagian besar sudah merupakan orang suku Pegagan,"
Masih katanya, untuk anggota Beruma ini juga bisa dari faktor pernikahan. Suami atau istri yang mempunyai pasangan dari Desa Meranjat. "Halal bihalal ini baru permulaan, dan akan menjadi agenda tahunan Beruma InsyaaAllah giat Halal bihalal seperti ini akan terus kita gelar." Acara silaturahmi akbar dan halal bihalal yang digelar Beroyot Urang Diri Meranjat (Beruma) Kabupaten Ogan Ilir, berlangsung meriah. 
Karena dihadiri hampir semua warga Beruma yang jumlahnya mencapai ribuan warga Meranjat baik yang berdiam di Desa Meranjat sendiri, maupun warga Meranjat yang merantau, kata Iklim seraya pandangannya mengitari arena kegiatan perdana Beruma yang tengah berlangsung, ungkap Iklim.

Ketua Panitia Halal Bihalal Beruma, Endang PU Ishak mengatakan, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya digelar, setelah pada tahun 2017 lalu digelar bersama Forum Komunikasi Putra Putri Meranjat (FKPPM). "Halal bihalal ini juga sekaligus momen pengukuhan Beruma masa bhakti 2024-2029." Dan lanjut, Endang, berlangsungnya kegiatan berhalal bihalal ini bisa dijadikan sebagai ajang silaturahim akbar bagi warga beroyot Meranjat. "Melalui halal bihalal Beruma ini juga kita tingkatkan rasa persaudaraan dan kebersamaan demi Desa Meranjat tercinta.'  Endang menambahkan, pada kegiatan halal bihalal Beruma ini pihak panitia menyiapkan 1.000 porsi pindang untuk menjamu ribuan beroyot urang diri Meranjat yang hadir. Selain pindang khas Meranjat, tutur Endang, panitia juga menyediakan berbagai makanan khas dari Desa Meranjat. Seperti burgo, lakso, kue lumpang, gandus, serta juada loyak lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, dilakukan pula acara pengukuhan Pengurus Beruma masa bhakti 2024-2029. Adapun sebagai Ketua Beruma dijabat oleh Drs H Iklim Cahya MM,  Sekretaris, Endang PU Ishak, dan sebagai pengarah, Prof Dr Najib Asmani.  Ditempat terpisah, Pengarah Beruma, Prof Dr Najib Asmani mengatakan, kehadiran organisasi Beruma ini hendaknya dapat memberikan manfaat yang luar biasa bagi Desa Meranjat.
"Beruma ini memiliki program untuk memajukan Dusun Meranjat, inilah salah satu tujuan kehadiran Beruma," ungkapnya. Selain itu, Beruma juga akan mendorong dan ikut berpartisipasi membangun Desa Meranjat yang dicintai, dengan cara pengembangan UMKM, harapnya.

Mewakili Tiga Kades Beruma yaitu, Kepala Desa Meranjat Ilir, Ikmal M Zaman dikesempatan tersebut mengatakan,  kita sangat mengapresiasi terbentuknya Beruma ini. "Kami berharap Beruma ini tidak hanya setahun sekali saja melakukan pertemuan, jadikan Beruma ini sebagai wadah menampung aspirasi masyarakat Desa Meranjat akan lebih maju lagi dan kompak," harapnya. 
Selaku Pemerintah Desa, Ikmal menegaskan, pihaknya akan siap berkolaborasi dengan Beruma, demi kemajun Dusun Meranjat.( kiriman puyang Sabar/lin/cal ).

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda