10 Tips Cara Bertani Yang Benar Agar Hasil Panen Memuaskan - AGUNG POST NEWS

24 Juli 2024

10 Tips Cara Bertani Yang Benar Agar Hasil Panen Memuaskan

"Ap-News" Sesuai dengan beberapa sumber baik dari buku-buku pertanian dan diskusi dengan sobat tani, berikut ini beberapa cara bertani yang tepat agar hasil panen maksimal yuk simak tatacara dibawah ini
1. Pemilihan Bibit Unggul :

Gunakan benih atau bibit yang berkualitas tinggi dan tahan terhadap penyakit serta hama. Pilih varietas yang sesuai dengan kondisi tanah dan iklim di lokasi pertanian.

2. Perbaikan Tanah :

Perbaikan tanah dimulai dari pengolahan tanah seperti ditraktor, atau dibajak, agar tanahnya gembur, kemudian tanahnya disuburkan dgn pupuk organik atau gunakan pupuk kimia yg sudah dimix organik sehingga menjadi ramah lingkungan, dan lakukan pengukuran pH tanahnya serta pastikan pH normal yaitu 7,0 atau yang sesuai untuk jenis tanaman yang dibudidayakan.

3. Pengaturan Irigasi :

Pastikan tanaman mendapatkan air yang cukup, tidak berlebihan atau kekurangan. Gunakan sistem irigasi yang efisien seperti irigasi tetes atau sprinkler untuk menghemat air dan memastikan distribusi air yang merata.
4. Pemupukan yang Tepat :

Berikan pupuk yg tepat, baiknya lebih dominan pupuk organik dari pada kimia, dan pupuk kimianya baiknya yg sudah di mix organik, sehingga ramah lingkungan, gunakan dosis dan waktu yang tepat sesuai dengan kebutuhan tanaman.

5. Pengendalian Hama dan Penyakit :

Lakukan pengendalian hama dan penyakit secara rutin. Gunakan pestisida atau insektisida yang ramah lingkungan, karena tidak semua hama yg merugikan tanaman, kemudian lakukan rotasi bahan aktifnya utk menghindari kekebalan tubuh.

6. Rotasi Tanaman :

Terapkan rotasi tanaman untuk mencegah penumpukan penyakit dan hama pada satu jenis tanaman, serta untuk menjaga kesuburan tanah.


7. Penyiangan : 

Lakukan penyiangan secara rutin untuk menghilangkan gulma yang dapat bersaing dengan tanaman utama dalam hal nutrisi, air, dan cahaya.

8. Teknik Budidaya Modern :

Pertimbangkan penggunaan teknologi pertanian modern seperti pertanian presisi, penggunaan drone untuk pemantauan lahan, serta aplikasi software untuk manajemen pertanian.

9. Penyuluhan dan Pelatihan :

Mengikuti penyuluhan dan pelatihan pertanian untuk memperoleh pengetahuan terbaru tentang teknik budidaya yang efektif dan efisien.

10. Pengelolaan Pascapanen :

Setelah panen, lakukan penanganan yang baik untuk hasil panen seperti pengeringan, penyimpanan, dan pengemasan agar produk tetap berkualitas hingga sampai ke tangan konsumen.
Dengan menerapkan langkah-langkah tersebut, petani dapat meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil panen secara signifikan.

Semoga bermanfaat dan saling berbagi informasi dan pengalaman untuk kemajuan petani Indonesia. (cal/"Ap-News") 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda