Roadshow Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas dan Gerakan Wakaf 1.000 Buku untuk Desa Sukses di Gelar - AGUNG POST NEWS

25 Juli 2024

Roadshow Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas dan Gerakan Wakaf 1.000 Buku untuk Desa Sukses di Gelar

Musi Rawas "Ap-News" - Roadshow Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam dan Gerakan Wakaf 1.000 Buku untuk Desa, bertempat di Gedung Serbaguna Desa Lubukngin Baru Kecamatan Selangit, Selasa lalu. 
Kegiatan Roadshow Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas adalah untuk meningkatkan Indeks Pembangunan Literasi Masyarakat (IPLM), terwujudnya Figur Literasi yang berperan sebagai garda terdepan untuk menghidupkan budaya literasi baik di lingkungan keluarga, satuan pendidikan dasar maupun masyarakat sebagai wujud kesejahteraan masyarakat.

Kegiatan ini juga salah satu upaya Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, perpustakaan menjadi wahana pembelajaran sepanjang hayat dan mengembangkan potensi masyarakat agar menjadi manusia yang berilmu, cakap, kreatif dan mandiri.

Bupati Musi Rawas Hj. Ratna Machmud diwakili Plt. Asisten Perekonomian dan Pembangunan H. Oktaviano, menyambut baik Gerakan Wakaf 1.000 Buku yang diinisiasi Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas H. Novianto Gustam, bertujuan untuk membangkitkan kembali minat baca di Kabupaten Musi Rawas. 

"Dengan kegiatan ini juga dapat mendorong kerja-kerja literasi hingga ke tingkat desa, yaitu peningkatan pertumbuhan jumlah perpustakaan, pelibatan masyarakat dalam kegiatan gemar membaca dan literasi, anggota perpustakaan, jumlah bahan pustaka hingga jumlah perpustakaan yang memenuhi Standar Nasional Perpustakaan (SNP), “jelas Oktaviano. 

Sementara itu, Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam mengatakan, Roadshow Bapak Literasi Kabupaten Musi Gerakan Wakaf 1.000 Buku merupakan langkah untuk menumbuhkan dan meneruskan semangat literasi sampai ke desa di wilayah Kabupaten Musi Rawas.

Menyalurkan buku-buku ke Desa dapat memberikan manfaat sebagai bahan bacaan pelajar, bahkan untuk masyarakat Desa sebagai sumber ilmu pengetahuan. Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat menumbuhkan literasi mulai dari Keluarga. 

Akhir kegiatan, Bapak Literasi Kabupaten Musi Rawas H. Riza Novianto Gustam menyerahkan Wakaf 1.000 Buku kepada Bunda Literasi Desa Lubukngin, dan penyerahan hatam Iqro dan Al-Qur'an
kepada anak-anak Rumah Tahfidz Desa Lubukngin.(cal/"ap-news")

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda