Personil Gabungan Lakukan Mitigasi dan Pemadaman Karhutla di Desa Sungai Rambutan Indralaya Utara - AGUNG POST NEWS

07 Agustus 2024

Personil Gabungan Lakukan Mitigasi dan Pemadaman Karhutla di Desa Sungai Rambutan Indralaya Utara

Ogan Ilir "Ap-News" - Personil gabungan berhasil melakukan mitigasi dan pemadaman kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Sungai Rambutan, Kecamatan Indralaya Utara, Kabupaten Ogan Ilir, Provinsi Sumatera Selatan. 

Lokasi kejadian berada pada titik koordinat -3.138728, 104.679686 dengan luas lahan terbakar mencapai sekitar 0,2 hektar. Sumber api masih belum diketahui secara pasti. Namun, berkat kerja keras dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak, api berhasil dipadamkan secara total.

Proses pemadaman melibatkan berbagai unsur seperti Polri sebanyak 20 orang, TNI sebanyak 2 orang, BPBD 1 orang, dan warga masyarakat peduli api (MPA) sebayak 2 ( Dua ) orang. 
"Kami mengerahkan seluruh kemampuan dan peralatan yang ada, termasuk penggunaan mesin pompa jinjing milik Satgas Karhutla Polsek Indralaya untuk memastikan api benar-benar padam tanpa menyisakan asap," ungkap Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, S.IK.

Dalam pelaksanaan tugasnya, tim pemadam menghadapi hambatan berupa kondisi lahan gambut dan rumput purun yang mudah terbakar. Meskipun demikian, berkat kerja keras dan koordinasi yang baik, lahan yang terbakar dapat dipadamkan dengan tuntas. Tidak ada korban jiwa maupun kerugian material yang dilaporkan akibat kejadian ini.
Kapolres Ogan Ilir, AKBP Bagus Suryo Wibowo, S.IK, menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada seluruh personil yang terlibat dalam operasi pemadaman tersebut. "Kerja keras dan dedikasi tinggi dari semua pihak yang terlibat dalam mitigasi dan pemadaman ini sangat diapresiasi. Kami berharap kerjasama yang baik ini terus terjalin untuk mencegah dan menangani karhutla di masa mendatang," ujar Kapolres.

Pemadaman kebakaran hutan dan lahan ini menjadi bagian dari upaya preventif dan responsif untuk mencegah dampak negatif karhutla terhadap lingkungan dan kesehatan masyarakat. Pihak berwenang terus menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran lahan dan hutan yang dapat memicu kebakaran besar.

Dengan berhasilnya pemadaman ini, diharapkan wilayah Desa Sungai Rambutan dan sekitarnya dapat kembali aman dari ancaman kebakaran hutan dan lahan. Pihak Polres Ogan Ilir juga terus melakukan patroli rutin dan sosialisasi kepada masyarakat untuk meningkatkan kesadaran akan bahaya karhutla serta cara pencegahannya agar karhutla tidak terjadi lagi khusus nya di wilayah kabupaten ogan ilir.("ap-news"/rilhumas) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda