Sehari Habiskan 15 Kopi Saset, Mekanik Motor Ini Harus Cuci Darah - AGUNG POST NEWS

06 Agustus 2024

Sehari Habiskan 15 Kopi Saset, Mekanik Motor Ini Harus Cuci Darah

"Ap-News" Wiji Untara (45) alias Toro, seorang mekanik motor di Padukuhan Kepek, Kalurahan Pengasih, Kapanewon Pengasih, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, harus rutin cuci darah dua kali seminggu di akibat ginjalnya bermasalah.

Kerusakan ginjalnya bermula enam tahun lalu, Ketika suatu pagi bangun tidur namun terasa berat, lemas, dan sesak nafas.

Ketika diperiksakan, kadar kreatinin di urinenya mencapai 16,7 milligram per desiliter (mg/dL), jauh dari batas normal laki-laki dewasa sebesar 0,6-1,2 mg/dL.

Selama bertahun-tahun, Toro tenggelam dalam kesukaannya pada mesin. Ia berteman dengan 12-15 saset kopi dalam satu hari dan dua bungkus rokok. Ia bahkan bisa lupa makan dan hampir tidak minum air putih.
Mulailah muncul gejala sakit pinggang setiap dua minggu. Sakit itu bisa reda dengan obat. Kerja tetap tidak henti dan tidak lupa minum kopi, sedikit air putih. Suatu waktu, obat tidak lagi meredam. Tubuh menunjukkan pembengkakan di banyak bagian. Dikutip "ap-news" dari unggahan instagram @yogyakeras, selasa (06-08). 

Kini, Toro masih tetap membengkel. Ia melakoni pekerjaan itu tetap dengan gembira. Semua demi menghidupi istri yang sesekali jualan jajanan pasar, anak pertama yang putus sekolah namun hobi IT, satu anak SMA, satu SMP dan dua SD, serta satu cucu laki-laki yang baru dua tahun.

Saat ini, ia cepat-cepat menutup bengkel pukul 16.00 WIB. Kopi hanya tiga kali sehari, rokok berkurang sangat banyak.(ap-news) 

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda